Home » Produk » TRADISITEKTEK PRUS DAN SIAT API

siat api

TRADISITEKTEK PRUS DAN SIAT API

Rp -

Penulis : I Wayan Rupa, I Gede Suartha, I Wayan Wirtha, I Komang Sudiana, I Gede Pawana, Ida Bagus Darma Wibawa Putra, I Gusti Agung Ngurah Putra

ISBN :

Cover : Soft Cover

Halaman : 95

Berat : 200gr

Ukuran : 15cm X 21cm

Tradisi Siat Api merupakan rangkaian pelaksanaan upacara Tektek Prus yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Adat Duda. Upacara ini merupakan sebuah bentuk upacara pe-nyomya-an buta kala (makhluk astral) dengan memberikan upacara persembahan agar tidak mengganggu kehidupan manusia.Upacara ini dilaksanakan setahun sekali yaitu tepatnya pada sasih kaulu (Januari) pinanggal telulas, patbelas pada saat tilem nemonin byantara/kajeng. Menurut kepercayaan masyarakat di Desa Adat Duda nyomya kala dalam bentuk pecaruan dilaksanakan di pempatan (perempatan) Agung di masing-masing banjar dikenal dengan “mepik” atau “mentabuhin”.

BAGIKAN

Tradisi Siat Api merupakan rangkaian pelaksanaan upacara Tektek Prus yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Adat Duda. Upacara ini merupakan sebuah bentuk upacara pe-nyomya-an buta kala (makhluk astral) dengan memberikan upacara persembahan agar tidak mengganggu kehidupan manusia.
Upacara ini dilaksanakan setahun sekali yaitu tepatnya pada sasih kaulu (Januari) pinanggal telulas, patbelas pada saat tilem nemonin byantara/kajeng. Menurut kepercayaan masyarakat di Desa Adat Duda nyomya kala dalam bentuk pecaruan dilaksanakan di pempatan (perempatan) Agung di masing-masing banjar dikenal dengan “mepik” atau “mentabuhin”.

PRODUK LAINNYA

ANALISIS MASALAH DAN POTENSI WILAYAH

. YuliusYohanes, M.Si

Rp. -

MENGEJAR WAKTU, DIHADANG ERUPSI

Casuri dan Jamila Lestyowati

Rp.

Tenun Alor Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur

Nuryahman dan Dyah Chri Ekasmara

Rp.

JAMASAN PUSAKA : Ritual Bulan Sura di Kabupaten Sumenep

Sukari, Ria Intani Tresnasih, Ani Rostiyati, Pristiwanto, Anik Anekawati, Mohammad Herli

Rp.